Halaman

Rabu, 02 Mei 2012

Buah Semangka


        Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus.  Biji semangka yang dikeringkan dan di sangrai juga dapat dimakan isinya
(kotiledon) sebagai kuaci. Buah semangka memiliki kulit yang keras,
berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung jenisnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.
          Lalu, apa saja manfaat buah semangka? Buah semangka memiliki fungsi untuk membantu orang – orang yang ingin diet. Buah semangka merupakan salah satu buah yang bebas lemak. Semangka memiliki kadar air yang melimpah dan kadar gulanya rendah. Air dan zat kalium itulah yang terkandung dalam buah semangka. Zat dan kadar air yang ada di dalam buah ini berfungsi untuk membantu menetralkan tekanan darah dalam tubuh. Buah semangka juga berfungsi untuk kekebalan tubuh, dan memperkuat kinerja jantung karena buah semangka mengandung antioksidan dan vitamin C. Selain mengandung vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata.
          Manfaat lain, buah semangka juga bisa untuk mencegah penyakit kanker. Dalam semangka terkandung sebuah zat yang di namakan zat karotenoid dan di zat ini terkandung likopen. Zat likopen ini yang membuat tubuh kuat terhadap penyakit kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut