Halaman

Rabu, 02 Mei 2012

Buah Naga


Buah naga  berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.Tetapi sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana 
ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Orang Vietnam dan orang Cina menganggap bahwa buahnya  membawa berkah. Oleh karena itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah tersebut dikenal sebagai thang loy (buah naga).
Buah naga bentuknya bulat agak lonjong. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai.
Selain rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Belum ada penelitian tentang manfaat buah ini, namun karena asalnya dari jenis buah kaktus dipercaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat. Buah naga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut