Halaman

Rabu, 02 Mei 2012

Buah Nangka


Buah nangka banyak ditemui di pasar. Nangka muda cocok untuk dibuat sayur. Sedangkan nangka yang sudah matang bisa langsung dimakan. Rasanya enak dan manis, juga aromanya harum.
          Nangka diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat,
di mana jenis-jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebar di hutan hujan di sana. Kini nangka telah menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara. Buah nangka merupakan salah satu buah yang umum tumbuh di daerah tropis. Selain Indonesia, negara penghasil buah nangka antara lain India, Thailand, dan Malaysia. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, niacin, serta mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai nutrien lain.
          Buah ini kaya akan manfaat. Salah satunya, buah nangka mampu membantu mencegah timbulnya kanker usus besar. Karena kandungan vitamin C nya, buah ini mampu menjadi antioksidan bagi tubuh dan memperkuat system imun (kekebalan tubuh). Buah nangka juga mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya kanker.
          Mengonsumsi buah ini, dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan potassium (kalium) nya penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan eletrolit sehingga bermanfaat positif terhadap pengaturan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.    Keistimewaan lain, kandungan vitamin A dalam buah nangka akan membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin ini juga penting untuj menjaga kesehatan kulit dan membran mukosa (contohnya pada hidung di bagian dalam) dan meningkatkan fungsi sistem imun.
Nah,  nangka dapat dipertimbangkan sebagai makanan penambah energi karena adanya kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Jadi kita bisa beraktivitas dengan cukup energy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut