Halaman

Rabu, 02 Mei 2012

Buah Jeruk

    Buah jeruk banyak kita jumpai di pasar. Harga dan kualitasnya bermacam –macam. Jenisnya pun banyak. Jeruk manis telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi. Dengan rasanya yang asam-asam manis, buah jeruk manis dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, baik segar maupun dibuat sari buah / jus. Apakah kalian udah tau manfaat yang
tersembunyi dalam buah ini? Mari kita  bahas.
       Jeruk telah dikenal dengan kandungan vitamin C nya. Vitamin C dalam peranannya sebagai anti-oksidan, selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenerasi kulit. Kulit anda terasa kasar dan kering? Tenang, buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini.
          Bagi remaja yang sedang …ehem….. sehingga banyak jerawat menempel di wajahnya, atasi saja dengan rajin- rajin mengonsumsi buah jeruk. Kandungan asam yang terdapat pada vitamin C juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, penyumbatan pori-pori juga berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/ berjerawat.
          Hal yang tak kalah menarik, riset terbaru menunjukkan, mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat membantu mengurangi risiko stroke. Ada kemungkinan bahwa flavanone (flavanone adalah jenis dari flavonoid yang selama dikenal karena kemampuannya dalam menekan kejadian risiko stroke lebih rendah) dalam buah jeruk meningkatkan fungsi pembuluh darah atau mengurangi peradangan, yang telah dikaitkan dengan stroke. Kandungan senyawa dalam jeruk manis kaya vitamin C, potassium, dan folid acid, dapat berfungsi untuk menghambat sel-sel kanker. Selain kaya serat, buah berwarna kuning ini juga mengandung hesperidin yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah kolesterol, serta menurunkan tekanan darah. Dalam satu buah jeruk manis ukuran sedang terdapat 16 gram karbohidrat yang mengandung 70 kalori. Karbohidrat ini penting sebagai sumber energi tubuh, terutama untuk otak.
          Wanita disarankan untuk mengkonsumsi buah ini karena kandungan lycopene yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara. Bagi ibu hamil, jeruk manis dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Sedangkan bagi anak-anak, kandungan flavonoids di dalamnya dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu dan pilek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut